Sunday, July 12, 2015

yang harus diketahui tentang toko online



toko online adalah model bisnis yang papling umum. dalam model ini, pebisnis online menawarkan produk atau jasa kepada para pengguna internet. dalam definisi kami, toko onine wajib memiliki website yang berisi produk dan memungkinkan pengunjung untuk melakukan transaksi pembelian secara online. sehingga, promosi yang dilakukan melalui media online, tanpa adanya website toko online (misalnya saja promo melalui twitter "sudah tersedia  toko kaos distro bandung. silahkan  hubungi 08xx xxxx xxxx") tidak kami kategorikan sebagai toko online. nah, terkait hal tersebut, ada beberapa variasi toko online yang umum dilakukan.

   website toko online dapat dibuat dengan menggunakan :


  • Website sendiri, misal : www.clotingnesia.com
  • blog gratis, misal : www.kaosdistrobandung.blogspot.com
  • marketplace gratis : vendio, indonetwork, tokobagus, multiply, eBay
  • media sosial : fanpage facebook
setiap opsi toko online tersebut tentunya memiliki kekurangan masing-masing. website sendiri adalah tipe toko online yang kami sarankan. terutama karena menunjukkan toko oline anda memiliki kredibilitas yang baik, dan dapat dikontrol sepenuhnya oleh anda sendiri.

blog gratis biasanya digunakan untuk pribadi atau para pemula, sehingga bila digunakan untuk toko onine akan memberi kesa kurang serius. bukankah anda juga akan merasa kurang nyaman bila berbelanja di toko yang dekelola atau ditata seadanya? marketplace gratis, misalnya, pada umumnya akan memberikan kemudahan dalam menyiapkan toko online. dengan kondisi yang demikian, praktis anda tidak membuatuhkan keterampilan/ pengetahuan teknis terkait website yang anda gunakan.

contoh sederhanannya, dengan menggunakan marketplace gratis anda tidak perlu memikirkan desain website dan tidak perlu memikirkan bagaimana transaksi belanja akan berjalan. semuanya sudah disediakan oleh marketplace. anda hanya perlu mendaftarkan produk-produk dengan kategori yang tepat, dan menunggu. anda akan menerima laporan kunjungan yang terjadi dan membaya fee kepada pengelola marketplace.

memang, dengan marketplace semuanya serba mudah dan serba praktis. tetapi di sisi lain, anda tidak memiliki ruang untuk berkreasi. toko online anda akang sangat "terkurung" di dalam marketplace dan brand yang anda tawarkan juga selalu diasosiasikan dengan marketplace tempat anda menggelar "lapak" dagangan. jadi, jika anda menjawab TIDAK untuk sebagian besar pertanyaan berikut, maka sebaiknya anda membuat toko online dengan website sendiri:

  • apakah anda mau tampilan toko online anda diatur oleh marketplace ?
  • apakah anda mau toko online anda memiliki tampilan yang serupa dengan ribuan toko online lain dalam marketplace? 
  • apakah anda mau diatur oleh berbagai aturan dalam marketplace, sehingga anda nyaris tidak punya banyak ruang untuk mengatur toko sendiri?
  • apakah anda mau kalau sebagian besar pengunjung toko, adalah sesama pemilik toko online yang sedang mencari ide untuk memperbaiki tokonya sendiri?
selain itu, dengan memiliki toko onlin pribadi--seterusnya jika anda memiliki website atau nama domain sendiri seperti www.clothingnesia.com-- maka :

  • toko online anda akan kelihatan lebih profesional.
  • anda memiliki kontrokl penuh terhadapa keseluruhan penampilan dan fungsi website.
  • media sosial seperti fanpaga facebook merupakan salah satu sarana yang egektif untuk menjalin hubungan dengan pelanggan anda. namun kurang egektif sebagai toko online, karena proses pemesanan dan belanja sangat terbatas.
          catatan : salah satu fungsi yang menurut kami sangat bermanfaat adalah fungsi chatting online.             fungsi ini pada umumnya tidak dapat dilakukan pada marketplace gratis.
  • anda dapat menggunakan e-mail yang lebih profesional seperti saya@tokosaya.com dibanding saya@namamarketplace.com
  • anda memiliki kontrol penuh terhadap siapa yang anda harapkan untuk datang ke website, dan apa yang harus dikerjakan untuk meningkatkan kunjungan traffic.
  • anda dapat mengatur sepenuhnya bagaimana cara kerja toko online yang anda memiliki. misalnya saja bagaimana merancang keseluruhna proses penjualan, mulai dari promosi, target pasar, produk, hingga pemrosesan transaksi.
meskipun demikian, apabila produk yang anda tawarkan sangat unik dan minim pesaing, tidak ada salahnya juga jika anda membuka toko online di marketplace gratis untuk memperbesar pangsa pasar.

nah, serupa dengan di dunia nyata, toko online juga membutuhkan fungsi bisnis yang menyeluruh:

  • marketing/pemasaran : saat ini ada jutaan website toko online dan setiap hari jumlanhnya bertamah hingga ribuan. bagaimana anda dapat menghasilkan traffic pengunjung berkualitas ke website anda, adalah salah satu tantanan bisnis online.
  • proses transaksi : proses transaksi pembelian produk, mulai dari pemilihan produk, pemesanan, pembayaran, hingga produk diterima oleh pelanggan, harus menjadi proses yang cepat, mudah, aman, dan nyaman bagi pelanggan untuk membeli produk. di sisi lain, anda pun harus dapat memonitos dan memproses transaksi pembelian tersebut dengan mudah dan cepat, termasuk mengecek pembayaran dari pelanggan.
  • pengelolaan stok : kemampuan untuk mengelola stok produk dan perkiraaan stok yang akurat dapat mengurangi risiko ketidaknyamannan pelanggan, akibat tidak tersedianya produk yang dipesan. ketersediaan produk dalam ukuran, warna, model yang sesuai dengan yang anda tawarkan di toko, sangatlah penting bagi para pelanggan. kalaupun pelanggan perlu memesan terlbeih dahulu(indent), maka kepastian, keakuratan waktu pengiriman, dan ketersediaan produk menjadi amat penting.
  • pengiriman produk : pada umumnya anda perlu mengandalkan perusahaan ekspedisi untuk menanganni pengiriman produk. sangat dianjurkan untuk memiliki beberapa alternatif perusahaan ekspedisi dan memahami tingkat keandalan mereka. kemudahan untuk melakukan online tracking, yang memungkinkan pelanggan untuk memonitor apakah produk sudah benar-benar dikirim dan di mana produk tersebut berada, merupaka fitur yang membantu meningkatkan kredibilitas toko online 
  • pelayanan pelanggan : dari pengalaman, pelanggan khususnya pelanggan baru cenderung untuk melakukan interaksi dengan toko online sebelum mereka berbelanja. cara interaksi terbaik pada umumnya adalah melalui online chatting, seperti yahoo messenger atau Blackberry Messenger. jawaban responsif akan menambah keyakinan calon pelanggan untuk berbelanja di toko anda. di samping itu, kontak via telepon/ ponsel, SMS, dan e-mail juga menjadi alternatif interaksi yang disukai para pelanggan. sebaiknya anda menyiapkan skrip jawaban agar daapt berinteraksi dengan pelanggan secara efektif, khususnya untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan. perhatikan bahwa pertanyaa pelanggan dapat terjadi sebelum, selama, maupun setelah proses pembelian (misalnya saja penanganan keluhan, pengembalian/penukaran produk, cara penggunaan, dan lain-lain). meskipun toko online memiliki fungsi bisnis yang serupa dengan toko konvensional, ada beberapa karakteristik khusus yang perlu diperhatikan dalam menjalankan bisnis online :
          1.  kredibilitas. meskipun misalnya, anda sudah memiliki bisnis konvensional yang kembangkan menjadi bisnis online, sebagian besar (calon) pelanggan anda  belum pernah (dan mungkin bahkan tidak akan pernah berkunjung ke bisnis  anda. dengan demikian, kredibilitas bisnis online anda akan sangat bergantung pada apa  anda tampilkan di website, pelayanan anda, dan tentunya produk yang anda kirimkan.

          2.  24 jam. bisnis online, suka atau tidak suka, akan buka 24 jam, 7 hari seminggu, 265 hari pelanggan dan calon pelanggan bisa datang kapan saja mereka mau. , anda perlu memasktikan  bahwa segala yang ditampilkan di website seperti produk, layanan, dan informasinya adalah akurat dan tepat.

          3.  responsif. kecuali produk yang anda jual sangat unik dan tidak dapat diperoleh di lain, keterlambatan untuk merespons pertanyaan dari pelanggan akan  beralih ke kpmpetitor. dengan demikian, kemampuan anda untuk melayani, dan menyelesaikan transaksi dengan cepat merupakan salah satu kunci sukses.


1 comment: