Friday, July 24, 2015

sikap salesman dalam melayani pelanggan

Ilustrasi Good Salesman, Service
Ilustrasi Good Salesman, Service
setelah memilih media dan menentukan prosedur transaksi berjualan maka saatnya anda benar-benar berjualan. sebenarnya melayani customer dalam toko online tidak banyak berbeda dengan toko tradisional . yang berbeda adalah media yang digunakan, seperti media yang digunakan oleh dealer toyota subang , medianya lebih 'fragile', dan dalam beberapa kasus tidak kasat mata. nah biasanya masalah bisa saja muncul karena faktor jarak dan tidak kasatmata karena transaksi dilakukan secara online. berikut beberapa poin penting dalam mengantisipasi mengatasi masalah yang kerap muncul.

dealer toyota subang.
  • sabar menanggapi pelanggan
sering kali pebisnis online tidak sabar dalam melayani customer. mereka malas menjawab hal rinci yang ditanyakan customer, terlebih lagi jika mereka akhirnya tidak jadi membeli produknya.

akan tetapi, ada banyak keuntungan dengan bersikap sabar hal ini akan memberikan kejelasan bagi customer terhadap barang yang diinginkannya sehingga customer tidak kecewa jika didapati barang yang ternyata tidak sesuai dengan pesanan atau yang diharapkannya.

  • jujur lebih baik
bahkan beberapa penjual online pun sering kali menyimpangkan ketidaklayakan barang karena berpikir pendek, menganggap barang harus laku terjual, dan setelahnya lepas tangan. ingat, bisnis online lebih sulit dilakukan dalam membangun trust atau kepercayaan tetapi begitu terbentuk maka customer tidak sungkan untuk membeli barang-barang lainnya dari anda.

  • membuat aturan yang jelas
bisa saja customer merasa bingung sewaktu bertransaksi dengan anda. mungkin mereka tidak memahami semua prosedur bertransaksi dengan anda. nah, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat pernyataan singkat dan jelas saat customer bertransaksi dengan anda.

 misalnya saja :

  - barang yang telah debeli tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun, atau
  - silakan periksa ulang pesanan dan uang yang harus dibayarkan karena kami tidak akan mengembalikan uang anda setelah proses transaksi berlangsung
  - kami akan membebankan sejumlah biaya (administrasi + pengiriman) untuk setiap transaksi yang dibatalkan setelah barang yang dikembalikan telah kami terima dengan baik.

  • dokumentasi semua mode pembicaraan
 hal ini dimaksudkan untuk mencatat atau mengarsip bahkan jika perlu merekam semua bentuk pembicaraan yang terjadi antara anda dengan customer. dengan demikian,seandainya ada ketidaksikronan atau kesalahpahaman, anda dapat menggunakan arsip pembicaraan sebagai bukti.
  • mengedukasi pembeli
barang yang ditransaksikan online bisa dilihat berbeda oleh customer, mungkin karena caranya mendisplay dan proses digitalisasi, misalnya penyimpangan warna karena pengambilan gambar yang tidak tepat, skala yang tidak didefinisikan dengan persis, bahkan layar monitor pun bisa menyajikan informasi warna yang salah, misalnya menjadi labih terang atau lebih redup.lalu bagaimana cara untuk mengatasi kendala demikian ? tidak ada segala sesuatu yang sempurna. demikian pula, tidak ada pekerjaan yang 100 % tepat. untuk itu, anda bisa mengedukasi calon pembeli dan menyatakan bahwa barang yang diperdagangkan 85-90 % mirip dengan aslinya karena faktor teknis sehingga mereka tidak akan berharap yang berlebihan
  • pastikan ketersediaan barang
selalu lakukan pengecekan terlbeih dahulu sebelum menyatakan ketersediaan barang. hal ini sering kali terabaikan sehingga pelanggan terpaksa membeli barang yang tidak disukai karena uangnya mungkin sudah ditransgers.

tidak biajksana bila merayu pembali untuk membeli barang yang tepat baginya. misalnya memaksakan agar pembeli membeli barang yang ukurannya lebih besar dari yang diinginkannya.
  • promosi dan diskon
 banyak yang bisa dilakukan oleh penjual dalam berjualan memberikan diskon member, misalnya seperti. dealer toyota subang yang mencantumkannya pada situs web perihal waktu berlakunya promo diskon, dan sebagainya. layaknya promosi di dunia nyata, bentuk informasinya pun harus menarik, ringkas, dan komunikatif.

No comments:

Post a Comment